Ini Dia Cara Pencegahan Virus Corona yang Harus Disiplin Dilakukan Masyarakat


Pandemi corona belum berakhir baik di Indonesia maupun di dunia. jumlah kasusnya masih bertambah dari hari ke hari begitu juga dengan jumlah kasus yang meninggal. Hingga kini jumlah kasus positif virus corona di Indonesia mencapai lebih dari 4.000 kasus dengan jumlah yang meninggal dunia sebanyak 373 jiwa. Penambahan kasus baru virus covid19 setiap harinya berkisar di angka 300an dan termasuk sangat banyak untuk jenis virus baru. Penambahan kasus ini didasari dengan mudah dan cepatnya corona ditularkan dari mereka yang sakit ke banyak orang yang sehat sehingga langkah isolasi menjadi salah satu kunci pengurangan jumlah penularan.

Pemerintah sudah menyediakan tempat karantina atau isolasi bagi mereka yang positif virus covid19 sekaligus membantu melakukan perawatan yang dibutuhkan agar virus bisa segera dihilangkan dan pasien dinyatakan sembuh. Akan tetapi selain peran aktif pemerintah dan tenaga medis, kita sebagai masyarakat juga harus berperan aktif untuk menjaga diri sendiri dan keluarga agar tidak tertular covid19. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar resiko tertular covid19 menjadi berkurang:

Menjaga jarak.

Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini didasarkan pada penyebaran covid19 yang melalui droplet penderitanya. Droplet berisi virus aktif akan dikeluarkan dari hidung dan mulut saat penderita berbicara, bersin atau batuk sehingga Anda perlu menjaga jarak sehingga droplet yang keluar tidak terhirup oleh Anda atau masuk melalui mulut dan mata.

Di rumah saja.

Cara yang paling aman adalah dengan di rumah saja. Karena itu bagi yang tidak memiliki kepentingan sebaiknya tetap di rumah saja sehingga tidak bertemu dengan orang lain yang bisa jadi carrier. Terapkan hal ini pada anak-anak karena mereka tidak harus pergi sekolah atau bekerja.

Menggunakan masker.

Karena penularan virus corona melalui mulut dan hidung, maka menggunakan masker sangat penting untuk membantu mencegah penularan virus covid19. Gunakan masker saat berada di luar rumah bagi mereka yang sehat. Sedangkan bagi yang sakit, gunakan selalu masker baik di kamar maupun di area rumah. Bagi yang sakit sebaiknya tidak meninggalkan rumah hingga sembuh.

Mencuci tangan.

Virus covid19 bisa menempel di permukaan benda mati dan masih aktif untuk bisa menulari orang sehat. Virus yang menempel pada benda mati bisa saja terpegang oleh tangan Anda dan tangan biasanya digunakan untuk menyentuh benda lainnya termasuk menyentuh wajah. virus bisa masuk ke dalam tubuh Anda saat tangan menyentuh area wajah sehingga disarankan untuk sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Anda juga bisa mencuci tangan dengan alkohol jika tidak mendapati air di luar rumah.

Itulah hal-hal yang bisa Anda terapkan untuk aktif mencegah penularan virus corona. Dari beberapa jenis pencegahan tersebut yang paling efektif adalah dengan di rumah saja karena itu berarti Anda tidak bertemu dengan orang lain di luar keluarga yang bisa jadi adalah carrier. Namun bagi mereka yang harus keluar rumah untuk bekerja, terapkan aturan kesehatan sebelum keluar rumah dan saat akan masuk rumah sehingga Anda tidak membawa virus pada keluarga. saat mengalami gejala penyakit, lakukan konsultasi online terlebih dahulu dengan dokter di Halodoc sehingga Anda tidak buru-buru ke rumah sakit yang justru bisa memperbesar resiko tertular covid19 dari mereka carrier yang mungkin juga akan memeriksakan diri.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Cara Pencegahan Virus Corona yang Harus Disiplin Dilakukan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel